Susah itu relatif ... Mudah itu Pilihan...Tak ada yang mudah kalau kita tidak pernah mencoba ...dan Tak ada yang sulit ketika kita mau berusaha

Recent Comments

Rabu, 28 Juli 2010

Dimensi

Di dalam fisika, Dimensi suatu besaran merupakan cara suatu besaran tersusun dari besaran-besaran pokok. Dimensi besaran ini dinyatakan dalam lambang huruf tertentu. Penulisan dimensi dari suatu besaran yaitu notasi dari besaran tersebut yang dinyatakan dalam besaran-besaran pokok yang berdimensi.
Dibawah ini adalah lambang dimensi dari besaran-besaran pokok yang dapat digunakan untuk menentukan besaran-besaran turunan yang lainnya.




Untuk menuliskan dimensi dari sebuah besaran perhatikan contoh penulisan dimensi dibawah ini:
a. Volume
Rumusan untuk Volume= panjang x lebar x tinggi
V=p x l x t
Sehingga Dimensi dari volume bisa dituliskan [L].[L].[L] = [L]3
b. Usaha
Usaha = gaya x perpindahan
Gaya = massa x percepatan
= [M][L][T]-2
(didalam penulisan dimensi tidak boleh ada pembagian/pecahan sehingga penulisan pembagian di tulis dengan system pangkat negative)
Sehingga dimensi dari usaha yaitu [M][L][T]-2 . [L]
Dimensi usaha: [M][L]2[T]-2
Setelah mengetahui cara penulisan dimensi tentunya kita juga harus tahu sebenarnya apa sih manfaat dari penulisan dimensi besaran ini?
Manfaat Dimensi dalam Fisika yaitu:
1. Membuktikan adanya kesetaraan atau kesamaan dua besaran. Dua besaran sama jika keduanya memiliki dimensi yang sama.
2. Membuktikan kebenaran suatu persamaan fisika yang menyatakan hubungan besaran-besaran fisika. Suatu Persamaan fisika dikatakan benar jika dimensi ruas kanan=dimensi ruas kiri dari persamaan fisika tersebut.
3. Menurunkan persamaan suatu besaran fisis jika kesebandingan besaran fisis tersebut dengan besaran-besaran fisis lainnya diketahui.
Demikian pembahasan mengenai dimensi besaran dalam fisika, tetapi yang perlu diingat terkadang di dalam persamaan fisika terkadang juga akan muncul angka yang tidak berdimensi, angka tersebut biasanya disebut sebagai ketetapan atau konstanta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails