Susah itu relatif ... Mudah itu Pilihan...Tak ada yang mudah kalau kita tidak pernah mencoba ...dan Tak ada yang sulit ketika kita mau berusaha

Recent Comments

Jumat, 18 Juni 2010

Pengukuran

Kita sering mendengar istilah pengukuran. tetapi terkadang untuk mendefinisikannya kita kesulitan. sebenarnya apa sich yang disebut pengukuran ato proses mengukur itu???
Mengukur adalah membandingkan sesuatu yang diukur dengan sesuatu yang sejenis yang ditetapkan sebagai satuan. Di dalam pengukuran dikenal istilah kesalahan batas atau kesalahan garansi yaitu batas-batas penyimpangan dari nilai yang ditetapkan.

Ketika kita melakukan pengukuran suatu besaran fisis dengan menggunakan instrument tidaklah mungkin akan mendapatkan nilai benar x0 melainkan selalu ada ketidakpastian. Hal ini bisa terjadi karena adanya kesalahan di dalam pengukuran.

Kesalahan pengukuran digolongkan menjadi tiga yaitu:

1.      Kesalahan umum

Kesalahan ini terjadi karena keterbatasan pengamat, misalnya kekurangterampilan menggunakan alat atau kekeliruan membaca skala.

2.      Kesalahan sistematik

Kesalahan ini terjadi akibat dari kesalahan instrument itu sendiri. Diantaranya yaitu kesalahan kalibrasi, kesalahan titik nol, kesalahan komponen lain, kesalahan arah pandang membaca nilai skala, kesalahan lingkungan sekitar instrument misalnya temperature, kelembapan, tekanan udara dll.

3.      Kesalahan acak.

Disebabkan karena fluktuasi-fluktuasi yang halus pada kondisi-kondisi pengukuran, misalnya gerak brown molekul udara, fluktuasi tegangan listrik PLN, baterai, landasan yang bergetar dan bising.



Didalam pelaporan hasil pengukuran maka hasil pengukuran ditulis sebagai (x=x±Δx)

x = Nilai pendekatan terhadap nilai benar x0

Δx= ketidakpastian.

Ketidakpastian pada pengukuran tunggal

Pengukuran tunggal adalah pengukuran yang dilakukan satu kali saja. Dalam pengukuran tunggal ketidakpastiannya ditentukan oleh skala instrument yang digunakan. Skala terkecil:adalah nilai antara dua goresan yang berdekatan. Ketidakpastian pada pengukuran tunggal sama dengan setengah skala terkecil.
atau dapat dihitung dengan persamaan:
Δx=1/2 x skala terkecil

dibawah ini ada beberapa besaran beserta alat ukurnya

Besaran Pokok
Alat Ukur
Panjang
Mistar, Jangka sorong, mikrometer sekrup
Massa
Neraca (timbangan)
Waktu
Stop Watch
Suhu
Termometer
Kuat Arus
Amperemete
Jumlah molekul
Tidak diukur secara langsung *
Intensitas Cahaya
Light meter
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails