Susah itu relatif ... Mudah itu Pilihan...Tak ada yang mudah kalau kita tidak pernah mencoba ...dan Tak ada yang sulit ketika kita mau berusaha

Recent Comments

Minggu, 06 Desember 2009

tips menghadapi ujian

UJian adalah salah satu tahap untuk kita beranjak ketempat yang lebih baik. bagi anak sekolah ujian adalah sebagai salah satu tolak ukur keberhasilannya dalam belajar. tetapi banyak anak sekolah yang kebingungan saat ujian akan dilaksanakan... banyak kekhawatiran..kecemasan.. yang terkadang justru menjadikan persiapannya kurang maksimal.
beberapa tips ini mungkin bisa membantu siswa-siswi dalam persiapan menepuh ujian:
  1. Niat, niat bagi saya menjadi salah satu modal penting dalam persiapan menempuh sebuah ujian. hal ini dikarenakan ketika kita sudah tidak ada niatan untuk meraih kesuksesan dalam ujian maka seberapapun usaha akan terbentur oleh niatnya sendiri. jadi... niat lah untuk SUKSES dalam ujian jangan niat untuk MEnjaplak saat .
  2. Materi, persiapan materi jauh-jauh hari sebelum ujian berlangsung. sebisa mungkin buatlah semacam ringkasan atau point penting materi yang akan diujikan. hal ini penting karena biasanya kita akan kebingungan ketika mendekati hari H ujian karena setumpuk buku yang ada tetapi tidak tahu point-poin apa yang akan keluar di ujian. pendalaman materi bisa juga dilakukan dengan jalan bertanya kepada duru, teman ataupun keada sumber-sumber yang lain. manfaatkan juga mbah google sebagai asalah satu alternatif untuk mencari materi-materi secara online.
  3. Latihan soal, tujuannya untuk kita terbiasa mengetahui tipe-tipe soal yang akan diujikan. akan semakin baik kalo kita bisa membuat semacam prediksi soal. hal ini bisa dilakukan dengan jalan membuat prosentase soal2 yang pernah keluar beberapa tahun yang telah lalu. dengan melihat prosentase soal tersebut kita bisa memperkirakan kemungkinan sebuah soal akan keluar pada saat kita ujian nanti. semakin sering soal keluar pada tahun-tahun yang lalu maka kemungkinan soal-soal tersebut akan banyak keluar poada ujian kita.
  4. Fisik dan Mental. jaga kesehatan, jangan terlalu banyak fikiran yang membebani serta fokus terhadap ujian yang akan kita tempu.
  5. Berdoa, semua yang kita usahakan tidak akan berhasil tanpa campur tangan Tuhan karena setelah semua persiapan sudah kita lakukan hal terpenting lainnya adalah selalu BErdoa agar apapun hasil dari ujian kita, semoga itu menjadi hasil terbaik yang Allah Berikan sebagai ganjaran dari usaha yang telah kita lakukan.
so....... kita harus bisa menghadapi ujian dengan hati yang senang.. dengan niat yang baik persiapan yang baik dan tidak lupa berdoa. Apapun hasil yang nantinya kita terima kita telah kita harus yakin itu yang terbaik untuk kita. dan dengan persiapan yang baik itu adalah kesuksesan kita yang pertama sebelum kesuksesan dalam ujian itu sendiri. selamat berjuang... lakukan terbaik yang kita bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails