Susah itu relatif ... Mudah itu Pilihan...Tak ada yang mudah kalau kita tidak pernah mencoba ...dan Tak ada yang sulit ketika kita mau berusaha

Recent Comments

Senin, 04 Januari 2010

Tips belajar fisika

Fisika menjadi pelajaran yang bagi sebagian siswa adalah sulit. tetapi ternyata dari indonesia banyak yang menjadi juara olimpiade fisika tingkat dunia. gampang atau sulit sesuatu itu dikarenakan pikiran kita yang mendiktenya. seperti saat kecil dulu kita belajar berjalan, kita tidak perna berfikir kalo berjalan itu sulit sehingga dengan sendirinya kita terus berusaha dan berusaha utuk bisa berjalan. untuk itu agar kita bisa belajar fisika seperti kita waktu belajar berjalan ada beberapa tips dan trik belajar fisika semoga bermanfaat:
1. Niat belajar fisika, seperti tips yang pernah saya bahas niat menjadi salah satu kunci utama kita meraih sukses.
2. Pahami konsep jangan dihafal, biasanya kita terjebak untuk menghafal tiap rumus yang ada sehingga konsepnya justru tidak mengerti. so belajar konsep maka ntar tinggal pendalaman rumus.
3. buat catatan pembantu, kenapa catatan pembantu? karena biasanya catatan yang seperti buku itu menjemukan. jadi buatlah catatan kamu semenarik mungkin, hiasi dengan gambar, tulisan motivasi atau kalo perluy foto kamu(sekalian nampang.. he.he). Mand mapping adalah salah satu trik mencatat yang saya sarankan.
4. Latihan soal, lha ini trik buat yang mo ujian. cari soal-soal yang terkait materinya dengan materi ujian kemudian dikerjakan, kalo perlu dibahas sama teman-teman. soal fisika itu biasanya tidak jauh berbeda dengan soal-soal sebelumnya.
5. Banyak bertanya dan diskusi, silahkan bertanya kepada yang lebih bisa dan ajaklah dia berdiskusi karena dengan cara ini kita bisa belajar lebih cepat dan hasil yang lebih bagus.
6. Cintai fisika... dengan cinta pasti semua bisa dilakukan.
Fisika itu sulit karena kita menganggapnya sulit... anggaplah fisika itu seenak makan roti, seasik bermain gitar dan semenarik pelajaran kesenian, dengan itu fisika akan lebih mudah untuk kita fahami. Insaallah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails